Pengertian Pseudocode

PENGERTIAN PSEUDOCODE




Menurut wikipedia, pengertian pseudocode adalah
deskripsi tingkat tinggi informal dan ringkas atas algoritma pemrograman komputer yang menggunakan konvensi struktural atas suatu bahasa pemrograman, dan ditujukan untuk dibaca oleh manusia dan bukan oleh mesin.
Pseudocode merupakan kode yang mirip dengan pemograman sebenarnya. Pseudocode berasal dari kata

Pseudo yang berarti imitasi, mirip, atau menyerupai dengan kode bahasa pemograman. Dalam penulisan pseudocode tidak ada aturan yang baku, oleh karena itu pseudocode biasanya ditulis berbasiskan bahasa pemograman yang akan digunakan, misalnya Basic, pascal, C++ dan lain-lain. Sehingga lebih tepat digunakan untuk menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada programmer. 

TUJUAN PENGGUNAAN PSEUDOCODE

Tujuan dari penggunaan pseudecode adalah untuk mempermudah manusia dalam pemahaman dibandingkan menggunakan bahasa pemrograman yang umum digunakan, terlebih aspeknya yang ringkas serta tidak bergantung pada suatu sistem tertentu merupakan prinsip utama dalam suatu algoritma.

CIRI-CIRI PSEUDOCODE

  • ·        Pseudocode adalah kode / tanda / notasi yang menyerupai atau merupakan penjelasan cara menyelesaikan suatu masalah.
  • ·        Pseudocode sering digunakan oleh seseorang untuk menuliskan algoritma dari suatu permasalahan.
  • ·        Pseudocode berisikan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah (hampir sama dengan algoritma), hanya saja bentuknya sedikit berbeda dari          algoritma.
  • ·        Pseudocode menggunakan bahasa yang hampir menyerupai bahasa pemograman. Selain itu biasanya pseudocode menggunakan bahasa yang mudah dipahami secara universal dan juga lebih ringkas dari pada algoritma.
 










Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar